FINISHING CAT DUCO


Cara Pengerjaan Finishing Cat Duco.
Finishing mebel dengan menggunakan cat duco merupakan kegiatan pemberian lapisan pada permukaan kayu atau barang-barang mebel, dan pengaplikasiannya secara semprot.
Cat DucoDalam kegiatan ini dibutuhkan tenaga ahli yang memiliki pengalaman kerja, karena membutuhkan ketelitian, ketelatenan, dan kesabaran dalam melakukan tahapan-tahapan selama proses pengerjaannya untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan.
Sebelum proses finishing dimulai, siapkan terlebih bahan-bahan finishing yang akan dipergunakan  seperti dempul, epoxy, cat duco, tiner spesial, clear dof atau gloos dan barang mebel yang akan di finishing.
Pastikan terlebih dahulu kondisi barang sudah baik, tidak cacat dan sudah tidak perlu di revisi lagi sebagai persiapan awal, dan dilanjutkan dengan proses sebagai berikut :

1. Pengamplasan
Kegiatan pengamplasan dengan target permukaan kayu atau barang mebel menjadi rata tidak bergelombang, dalam kegiatan ini sebaiknya menggunakan mesin gerenda agar proses pengamplasan lebih cepat namun di butuhkan tenaga yang bisa mengoprasikan mesin grenda dengan benar, karena bila tenaga penggrenda kurang ahli maka hasil yang didapat berpengarauh pada bentuk barang yaitu akan didapatinya barang menjadi bergelombang dan tidak rata.
Pengampelasan menggunakan mesin gerenda memakai rampelas no. 120.

2. Pendempulan
Kegiatan pendempulan untuk menutup pori-pori kayu atau barang-barang mebel dengan cara melapisi  secara manual menggunaka alat kape, perlu diperhataikan pendempulan jangan terlalu tebal karena menyulitkan penggosokannya nanti, cukup lakukan pendempulan secara tipis-tipis saja sampai rata kemudian biarkan sebentar supaya kering kira-kira 1-2 jam kemudian lanjutkan dengan penggosokan secara manual dengan rampelas no 100 dengan target memperoleh barang menjadi rata.

3. Epoxy
Kegiatan penyemprotan epoxy gunanya untuk menutup serat dan pori-pori kayu, kedudukan epoxy disini selain sebagai penutup serat dan pori-pori kayu juga berfungsi sebagai penguat cat.
Untuk mendapatkan hasil yang baik gunakan epoxy yang warnanya sama dengan warna cat yang akan digunakan misalnya bila akan mengecat barang dengan warna hijau maka sebaiknya menggunakan epoxy warna hijau pula.
Dengan begitu disamping hasilnya lebih baik juga dapat membantu mempercepat proses pewarnaannya.

4. Pewarnaan Cat Duco
Tentukan warna cat sesuai selera dan pilih cat duco yang anda inginkan tentunya sesuai biaya yang anda keluarkan.
Proses  pewarnaan dilakukan dengan cara penyemprotan cat duco pada seluruh permukaan kayu atau barang mebel, dalam proses ini dibutuhkan tenaga khusus yang sudah berpengalaman dan memiliki tingkat ketelitian tinggi dalam penyamaan warna agar memperoleh pewarnaan yang rata, bila dirasa masih belum rata bisa diulang penyemprotan sampai dua atau tiga kali sehingga memperoleh warna yang benar-benar rata dan sempurna.

5. Penutup Gloss atau Dof
Kegiatan penyemprotan clear dof atau gloss sebagai kegiatan penutup dengan cara memberikan lapisan clear pada seluruh permukaa kayu atau barang mebel dengan tujuan dapat melindungi barang yang sudah difinising dari goresan dan untuk menguatkan warna cat Duco, juga untuk dapat memberikan tampilan lebih halus sehingga barang terkenan lebih mewah dan elegan.
Bagi yang menginginkan barang tampak mengkilap, bisa menggunakan clear gloss, sebaliknya bagi yang menginginkan yang tampilan akhir tampak elegan bisa menggunakan clear Dof.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »