KAYU JATI

Kayu Jati adalah kayu yang memiliki permukaan yang berkwalitas paling tinggi, dengan tampilan serat dan tekstur yang mempesona, paling awet dan tahan lama..
Dengan mutu yang bagus menjadikan kayu jati ini menduduki peringkat tertinggi sebagai kayu terlaris di pasaran kayu . 
KAYU JATI
Sehingga di pulau Jawa saat ini persediaan kayu jati dengan kwalitas bagus mulai menipis, karena besarnya volume yang dibutuhkan tidak seimbang dengan persediaan yang ada.
Hal ini berkaitan dengan masa tumbuh kayu jati yang cukup lama, membutuhkan waktu berpuluh puluh tahun.
Idealnya untuk memperoleh kayu jati dengan mutu yang baik bisa dibutuhkan waktu sampai 40 -60 tahun baru bisa ditebang untuk diambil kayunya.
Kayu jati akan meranggas menggugurkan daunnya disaat musim kemarau tiba, pada saat itulah kayu jati akan menghasilkan lingkar kayu yang bermutu bagus.
Kayu jati banyak ditanam di daerah kering dan berkapur seperti di hutan- hutan produksi yang dikelolah oleh perum perhutani terutama yang tersebar di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Harga kayu jati ditentukan oleh beberapa kriteria diantaranya, mutu kayu, panjang kayu, dan diameternya.
Sedangkan untuk menentukan mutu kayu dipengruhi oleh kondisi kayu diantaranya, doreng, puncak / mata kayu, cacat kayu, lurusnya batang, dan teras kayu.
Teras kayu jati memiliki dekoratif yang indah berwarna kuning emas kecoklatan, sehingga kayu ini memiliki nilai jual yang tinggi.
Kayu jati oleh kebanyakan orang dianggap sebagai kayu dengan serat yang indah dan mempunyai keawetan juga tahan lama, sehingga banyak dipilih oleh para produsen mebel untuk digunakan sebagai bahan utama pembuatan mebelnya.
Di kota Pasuruan - terkenal dengan daerah penghasil mebel terbesar di Jawa Timur, hampir semua pengrajin mebel di sana memilih kayu jati sebagai bahan dasar pembuatan atau produksi barang- barang mebelnya.
Juga di kota Jepara - Jawa Tengah terkenal dengan pusat mebel dan seni ukirnya yang semua bahan utamanya adalah kayu jati.
Walaupun harganya tergolong cukup mahal bila dibanding dengan harga kayu-kayu lainnya, namun kayu jati tetap menjadi pilihan utama para konsumen baik dalam negeri maupun luar negeri.









Share this

Related Posts

Previous
Next Post »