AQUA POLITUR


Aqua politur adalah pewarna kayu yang bersifat transparan, tidak menutupi dekorasi kayu sehingga serat kayu masih tampak jelas dan lebih indah, aqua politur menggunakan pengencer berbahan dasar air.
Aqua politur banyak diproduksi oleh pabrik dalam kemasan yang sudah siap pakai sehingga mempermudah bagi konsumen dalam pengerjaannya, adapun jenis aqua politur ini banyak macamnya diantaranya, mowilex wood stain, Balezo wood stain, propan aqua politur dll, dengan memiliki pilihan warna yang bermacam-macam seperti, cocoa brown, salak brown, akasia brown, dakr brown  , walnut dll.
Pada saat ini Aqua politur banyak diminati para pengrajin mebel untuk politur barang-barang mebelnya dengan pertimbangan banyak faktor diantaranya :
Harganya relatif murah karena pengencernya berbahan dasar air.
Tahan terhadap cuaca sehingga terhindar dari pelapukan dan jamur.
Ramah lingkungan tidak mengandung racun, tidak berbau sehingga aman bagi kesehatan.
Cara pengerjaannya cukup mudah dan cepat selesai sehingga memperkecil ongkos pekerja.

Cara Pengerjaan Aqua Politur
1. Persiapan Barang
Perhatikan kondisi kayu atau barang yang akan dipolitur bila terdapat cacat kayu segera di servis, bila terdapat lobang kayu seperti mata kayu, hati kayu dan sambungan kayu yang kurang rapat perlu di tutup dengan dempul, selanjutnya gosok menggunakan mesin gerenda guna mempercepat pengerjaan namun bila tidak memiliki mesin gerenda bisa menggunakan tangan menggunakan rampelas kasar no. 80 dengan target kayu atau barang rata tidak bergelombang, dilanjutkan merampelas lagi menggunakan rampelas yang lebih halus no. 150 dengan target kayu atau barang benar-benar halus karena hal ini sangat berpengaruh pada hasil akhir politur.
2. Persiapan Bahan Politur
 Bahan politur yang menggunakan pengencer air banyak macamnya diantaranya Mowilex wood stain, Balezo wood stain , Propan aqua politur dll, dengan mimiliki banyak pilihan warna yang bermacam-macam seperti dark brown, salak brown, cocoa brown, taek brown, akasia brown dan walnut.
Sebagai politur penutup bisa menggunakan clear yang berfungsi sebagai anti gores juga sebagai penguat warna politur. dengan demikian sebelum proses politur terlebih dahulu pilih jenis aqua politur yang anda inginkan dan tentukan  juga warna aqua politur ang anda sukai.
3.Pengerjaaan  Aqua politur menggunakan Kuas
Berawal dengan membuka kaleng aqua politur dan memasukkan air 10 % sebagai pengencer politur aduk hingga campur setelah itu baru dimulai proses politur dengan   cara memasukkan kuas pada cairan aqua politur yang sudah dipersiapkan kemudian sapukan keseluruh permukaan kayu atau barang mebel sampai rata, kegiatan ini dinamakan dasaran dan dapat diulang sampai dua kali agar terlihat rata. diamkan sebentar kemudian gosok dengan rampelas no. 240 untuk menghaluskan kayu atau barang mebel karena setelah didasari dengan kuas tadi menyebabkan serat kayu muncul kembali sehingga perlu di gosok lagi sebelum proses berikutnya.
4. Pengerjaan Aqua Politur menggunakan Kain kaos
Tahap berikutnya menggunakan kain ball atau kain kaos yang disarungkan pada kuas atau  bisa juga kain kaos yang di gulung seperti kue lumpia, masukkan kain kaos tersebut pada cairan aqua politur yang sudah dipersiapkan dan usapkan pada seluruh permukaan kayu atau barang mebel dengan cara sedikit ditekan, lakukan secara berulang-ulang sampai rata dan kelihatan indah.
5. Clear
Clear adalah lapisan penutup dalam politur mebel kayu, proses pengerjaannya sama menggunakan kain kaos juga, namun sebelum proses clear harus didahului mengosok kayu atau barang mebel tersebut dengan menggunakan rampelas halus no.400 sampai halus merata baru dilanjutkan pross pengaplikasian clear yang berfungsi sebagai pelindung kayu atau barang mebel dari goresan, dan dapat menguatkan warna politur, sehingga kayu atau barang-barang mebel yang selesi di finishing dengan aqua politur memiliki ketahanan terhadap cuaca dan tampak lebih indah.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »